KEBAJIKAN

kebajikan adalah suatu sikap melakukan hal yang baik dan juga bisa memberikan kedamaian pada orang lain sehingga orang lain merasa nyaman dan senang dengan perilaku tersebut.ada 2 unsur kebajikan yaitu  kebajikan terhadap diri sendiri dan orang lain. kebajikan untuk diri sendiri yaitu hal – hal dan perilaku yang baik yang bisa membuat diri kita menjadi lebih baik. contohnya adalah bekerja dengan tulus ikhlas, menjaga perilaku dan nama baik diri sendiri dan berperilaku baik untuk negara sehingga dari pihak kenegaraan bisa memberikan penghargaan pada kita dan hal tersebut merupakan salah satu kebajikan untuk diri sendiri. dan kebajikan untuk orang lain bisa dilakukan dengan cara kita memberikan pertolongan dan perilaku baik kepada orang lain, maupun kita yang menerima kebajikan tersebut dari orang lain. Hal ini sangat penting, karena dengan demikian kita bisa menjalin hubungan yang baik dan harmonis kepada orang lain sehingga dari diri kita sendiri maupun orang lain akan merasa ketenangan dan rasa terima kasih kepada diri kita.

Dan hal inilah yang harus selalu dilakukan oleh manusia untuk memperoleh kebaikan dalam dirinya dan juga untuk orang lain. Contoh dari kebajikan itu sendiri bisa dengan saling tolong menolong satu sama lain, saling menghormati, saling menghargai dan juga memberikan kedamaian bagi diri sendiri dan untuk orang lain. Oleh karena itu, betapa penting sifat kebajikan ini dalam hidup kita karena dengan melakukan kebajikan ini, kita bisa jauh dari hal-hal yang tidak baik dan bisa juga dimuliakan oleh Tuhan.

Saya juga punya prinsip bahwa saya harus bisa berperilaku kebajikan dalam hidup saya untuk orang lain dan sekitar. Saya ingin melakukan hal-hal yang baik dan juga kebajikan karena itu bisa membuat saya merasa kebaikan dan kebajikan dalam diri saya juga dan memberi rasa kepuasaan dan kebanggaan tersendiri karena kita bisa melakukan perilaku kebajikan. Begitu juga dengan perilaku orang lain yang telah melakukan kebajikan dalam hidup kita dan sudah seharusnya kita mengucapkan terima kasih karena orang tersebut telah melakukan yang baik dalam hidup kita.

Jadi sesama manusia sudah seharusnya kita berperilaku baik, tolong menolong, dan juga melakukan kebajikan. Sehingga kita juga mendapat penghargaan dan penghormatan dari orang lain.

~ by benyamin08 on May 10, 2010.

Leave a comment